Senin, 13 Desember 2010

Supporter Bonek nekat ngelurug Kantor FIFA di Zurich


Kedatangan Bonek ke Swiss adalah bagian dari upaya pecinta sepakbola nasional untuk memperbaiki kondisi persepakbolaan di tanah air.
Bukan Bonek jika tidak nekat. Gagal mencegat Sepp Blatter di ajang pengumuman tuan rumah Piala Dunia di Zurich Messe, Budiono, Bonek asal Surabaya, nekat mendatangi langsung markas besar FIFA di Zurichberg, Zurich, Swiss.

Mereka datang untuk menyampaikan petisi Bonek Indonesia yang berisi tuntutan FIFA memperhatikan PSSI, khususnya di bawah kepemimpinan Nurdin Halid. “Saya ingin menyampaikan aspirasi Bonek Indonesia agar FIFA menyelamatkan sepak bola Indonesia dari tangan Nurdin,“ tuturnya kepada HATTRICKbelum lama ini. Kedatangan Bonek ke markas FIFA di Zurichberg, Zurich, Swiss, tidak diantisipasi petugas keamanan FIFA.

Alasannya, mereka lebih konsentrasi ke Zurich Messe. “Sebab, di Zurich Messe, semua kegiatan FIFA saat itu terkonsentrasikan,” kata salah seorang petugas keamanan di FIFA. Memang, setelah sidang Eksekutif Komite FIFA, semua langsung mengarah ke Zurich Messe, tidak terkecuali Blatter, Bill Clinton, David Beckham, dan kalangan prominen lainnya.

Akibatnya, markas FIFA di Zurichberg tidak terjaga optimal. Apalagi, kedatangan rombongan Bonekini tidak mencolok mengingat jumlahnya tidak terlalu besar. “Hanya enam orang,“ kata Budiono. Mereka terdiri atas dua orang berwarga negara Indonesia, empat lainnya memiliki paspor Swiss. “Kami ajak saja kenalan atau kawan yang peduli sepak bola Indonesia,” tutur Budiono, yang sebelumnya juga nekat menembus barikade fans berat FC Basel yang terkenal fanatik.

Selain menyampaikan petisi, mereka juga membentangkan spanduk berukuran cukup besar di depan markas FIFA. “Kami bahkan diterima baik, juga petisi itu tersampaikan. Janjinya akan diberikan langsung kepada Blatter,” sebut Budi. Petugas keamanan FIFA sempat keberatan jika spanduk sebesar itu dipajang di depan gedung FIFA. “Kalau foto-foto, silakan.

Namun, kalau sampai memajang spanduk besar, itu sebenarnya dilarang,“ tutur petugas keamanan FIFA. Cuma, larangan itu terlambat. Enam Bonek itu sudah memasang spanduk yang bertuliskan “Justice For Indonesian Football”, Bonek Suporter Surabaya. “Misi tersampaikan, ditindaklanjuti atau tidak, kami sudah berusaha,” kata Usep, warga Jawa Barat, yang mendampingi Budi ke markas FIFA.

Upaya Budi menemui Blatter sebenarnya sudah direncanakan ketika acara pengumuman tuan rumah Piala Dunia di Zurich Messe. Menunggu hingga lima jam, Budiono tidak mendapatkan kesempatan bertemu Blatter. “Padahal, suhu di Zurich Messe minus 4 derajat,” ujarnya. Gagal menemui Blatter di Zurich Messe, Budi tidak kehabisan akal. Dia pun menyerahkan lembaran petisinya kepada beberapa wartawan internasional serta utusan Qatar.

“Entah apa dibaca atau tidak, yang penting kondisi PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin tersampaikan,“ katanya. Jose Pinto, wartawan olahraga CNN, tersenyum ketika dikonfirmasi HATTRICKsoal petisi Bonek Indonesia yang diberikan Budi. “Ya, inilah,“ katanya, sambil menunjukkan selembar kertas petisi Bonek yang dibagikan kepadanya.

Keberanian Budiono menembus FIFA mengundang decak kagum warga Indonesia yang menetap di Swiss. Ronny Oetama, guru bahasa Jerman di Zurich, mengakui semangat besar Budiono dalam kapasitasnya sebagai suporter Persebaya. “Ide cemerlang, ambil kesempatan saat perhatian dunia ke sana,” sebut Ronny. Beberapa warga lainnya mengaku akan ikut jika ada acara demo-demoan semacam itu. “Dikabari saja, pasti kami akan ikutan,“ kata Inab Geiger. _ ma’ruf

LAPORAN KORESPONDEN HATTRICK
KRISNA DIANTHA
dari Zurich Foto : Teddy Cucusz Citraadi

2 komentar:

  1. Luar biasa..! komunitas bonek sperti inilah yg sudah lama sya nantikan kehadirannya..trs bjuang utk persebaya dan kejayaan sepakbola nasional!

    salam kenal yo rek! klo blh tau base campnya dimana ya?

    BalasHapus
  2. salam knal juga mas Reza, mau menjelaskan dikit ya, BSP bukan komunitas tp kumpulan dari bbrp bonek yg berserak dari elemen dan yg tak berelemen, BSP pingin jd suporter yg produktif, tdk anarkis yg smuanya berasal dari bonek utk bonek dan oleh bonek, smoga cita2 membentuk suporter industri dpt trcapai....amin....bantu do'a ya mas....kalo bs sih ikut serta bersama kami

    base camp menyusul mas

    BalasHapus

Resistance Bands, Free Blogger Templates